Apalah Arti Menunggu Dan Ditunggu

Siapa yang tak pernah menunggu atau ditunggu?

Aku pernah merasakan apa yang dikatakan kids zaman now ‘Menunggu ketidakpastian’, yakni ketika melalangbuana ke Amerika Serikat.

Aku yang hanya punya pengalaman transit 2 – 3 jam di beberapa bandara Indonesia, serasa diajak dunia untuk mengenal lebih baik apa arti menunggu yang sesungguhnya.

Ya, untuk pertama kalinya aku merasakan bagaimana bosannya terbang dari satu penjuru dunia ke penjuru lainnya selama belasan jam lamanya, serta mencicipi pahit getirnya terdampar di kota – kota besar seperti Ghuangzhou, Los Angeles, dan San Fransisco karena masalah cuaca dan delay pesawat.

Maka, ketika kaki ini menyentuh kembali tanah air, aku sadar. Bahwa membuat orang lain menunggu adalah kejahatan paling luar biasa yang pernah dilakukan manusia.

Miliaran jam mungkin telah berlalu untuk manusia menunggu satu sama lain, jika aku kini menunggu, kau juga tengah ditunggu, begitu pula sebaliknya. Sehingga hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang terbilang remeh oleh sebagian orang lain.

Padahal, tidak ada yang suka menunggu, termasuk dirimu sendiri.

Tetapi alangkah buruknya kita sering menghakimi dunia dan orang lain karena membuang waktu menunggu mereka, padahal kita juga sering menyepelekan waktu dan membuat siapapun menunggu.

Apa itu? Menunggu sesuatu yang pasti kita dapatkan: Keberhasilan!

Ada yang bilang keberhasilan itu sebuah pilihan, itu benar. Kau hanya perlu buang segala malasmu untuk mendapatkannya, karena sebenarnya kita mempunyai takdir untuk berhasil dan bahagia.

Namun, kerap kali kita menjadikan seluruh dunia terombang – ambing tak keruan karena menunggu kita. Menunggu kita untuk bergerak, menunggu kita untuk secepatnya berubah, menunggu kita untuk memberikan manfaat dan inspirasi kepada manusia lain. Tidak hanya dunia, bahkan orang – orang terdekat yang kita punya, entah itu orang tua kita, sahabat terbaik kita, guru kita, tidak pernah berhenti untuk selalu menanti kita memberikan warna pada sejarah dunia. Tak pernah sedetikpun berhenti berharap suatu saat nanti kita akan memberikan senyum kebahagiaan kepada mereka.

Membuat siapapun menunggu terlalu lama, itu kejam kawan.

Jawablah penantian mereka, wujudkan harapan terhebat mereka padamu. Jadilah alasan dunia untuk selalu berjalan menyenangkan.

 

Salam dariku untuk Anak Muda Indonesia.

Comments are closed.