Buku “Keajaiban Permainan Sensori”: Saatnya Anak Indonesia Aktif dan Bahagia

Aku baru tahu, lho!

Lingkungan memiliki pengaruh bagi setiap detik kehidupan manusia, terutama pada masa pertumbuhannya. Tumbuh kembang anak atau manusia tidak melulu berbicara tentang factor genetic, tetapi juga berdasarkan stimulasi/rangsangan dari lingkungan.

Sebagai contoh, bagaimana jika ada sekumpulan anak diajak untuk melewati jembatan tali yang bergoyang. Sebagian anak mungkin lebih berani, aktif, dan tangguh dibandingkan yang lain, namun tak sedikit juga anak – anak yang merasa takut, gamang, atau bahkan menjerit hanya demi melewati tantangan itu.

Semua itu berhubungan dengan sensori. Sensori adalah stimulus atau rangsangan yang datang dari dalam atau luar tubuh melalui panca indera (organ sensori) dalam bentuk informasi. Kita tahu ada milaran informasi yang datang menghampiri otak manusia, namun apa yang terjadi bila informasi itu tidak jelas, kabur atau lebih parah lagi, hilang.

Itulah yang menyebabkan mengapa banyak kita temui anak – anak yang sulit berkonsentrasi, ceroboh mudah beralih fokus, bahkan berperilaku berlebihan, atau malah tak merespon sama sekali terhadap suatu hal yang bagi sebagian anak menarik. Ditambah lagi pola asuh yang keliru dari para orang tua, membuat gejala – gejala selanjutnya seperti gangguan sosial, mental, dan sebagainya kian menghantui generasi masa depan kita.

Keinginan terbesar bagi semua orang tua di dunia, adalah melihat anaknya dapat tumbuh dengan baik dan meraih mimpi – mimpinya, untuk itulah segala hambatan harus segera di waspadai, termasuk gangguan Sensori. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Jawabannya satu: ‘Permainan Sensori’!

Permainan sensori adalah permainan yang mengaktifkan seluruh indera sensori anak. Melalui Permainan sensori, maka secara alami tubuh akan membangun sambungan syaraf di otak yang dapat membantu anak melakukan tugas – tugasnya. Mengembangkan imaginasi, kemampuan berbahasa, bersosialisasi, dan memecahkan masalah.

“Apa saja sih permainan sensori itu? Pasti repot dan mahal!”

Eits! Tunggu dulu, karena Buku “Keajaiban Permainan Sensori” telah hadir bersama kita!

Buku ini menyajikan berbagai permainan sensori yang mudah, murah, dan menarik untuk dilakukan di Sekolah maupun di rumah. Yang bahkan kita sendiri tidak tahu, semua permaianan itu ternyata menurut penulisnya yang ialah seorang Guru dan terapis ABK selama lebih dari 25 tahun menekuni bidang pendidikan Inklusi adalah permainan yang efektif dalam melibatkan dan mengaktifkan semua organ sensori anak.

Bayangkan, kita bisa temukan berbagai inspirasi permainan indoor maupun outdoor, dilengkapi ilustrasi, cara dan benefit di tiap permainan hanya dalam satu buku. Belum cukup sampai disitu, di awal buku pembaca akan diberi ilmu sejenak mengenai segala hal tentang sensori, gangguannya, serta dampaknya terhadap masa depan anak yang pastinya akan menambah khazanah ilmu kita. Atau bisa jadi pengingat atau penggerak kita untuk memperbaiki lagi pandangan atau pola asuh kita terhadap pendidikan anak khusunya di usia emasnya (0 – 7 tahun).

Ditulis dengan campuran bahasa sederhana dan ilmiah, menjadikan buku ini bukan hanya berbobot, tetapi juga ringan dan enak dibaca oleh siapapun. Terutama bagi para orang tua yang memiliki anak balita, guru PAUD, terapis anak berkebutuhan khusus (ABK), nany (pengasuh bayi), serta orang – orang yang menyenangi dunia anak dan pendidikan.

Ayo kita bangun kembali Nusantara kita yang tercinta, dengan generasi pemimpin masa depannya yang aktif dan bahagia!