Hollywood vs Bollywood: Ciri Khas Adalah Kunci

Hollywood sebagai simbol film terkemuka asal Amerika memang terlihat tiada tanding. Film – film mereka sungguh menakjubkan, gabungan harmonis antara ide cerita yang kreatif dan teknologi, mengisi hari – hari para pencinta film setiap tahunnya. Modal ratusan juta dollar, adalah angka yang biasa bagi para prosuder film, memproduksi film – film terbaiknya. Belum lagi kontrak dengan para actor, penulis naskah, atau sutradara, semuanya tentu membutuhkan uang segudang. Akan tetapi, jarang uang tersebut tidak akan kembali dengan jumlah berkali – kali lipat.

Siapa yang bakal menandingi mereka??

Kurasa yang satu ini, Bollywood.

India boleh jadi Negara yang masih berperang dengan Kemiskinan dan Korupsi. Tetapi jangan meremehkan kegigihan mereka dalam industri film. Bukan sok jadi seorang pengamat Dunia film ya. Aku hanya menilai persaingan antara Bollywood dan Hollywod dari sudut pandang kepenulisan.

Kali ini kita akan bicara tentang sebuah ciri khas.

Dewasa ini, Bollywood semakin menunjukkan citranya sebagai “Raja Drama” seantereo dunia. Bollywood mungkin jarang menggunakan teknologi, apalagi animasi yang wah. Yang mereka kerap gunakan dan menjadi ciri khas yang sampai sekarang terus ‘menyentil’ Film Hollywood, adalah permainan perasaan.

Bukan Film India jika tidak bisa mengulik cerita sederhana menjadi satu film yang lucu, sedih, namun penuh aksi. Bahkan seberapa mengerikannya film thriller mereka, tetap saja mengandung unsur drama yang acapkali mengundang kenangan dan air mata.

Ciri khas adalah kunci, dimana dengan perkembangan dunia kepenulisan yang begitu pesat hari ini. Kita diharuskan menampilkan kelebihan atau kekhasan yang wajib menjadi ‘hak cipta’ tersendiri dalam karya tulis yang kita buat. Hingga ketika orang membaca, mereka tahu ini tulisan kita, walau mereka tidak melihat siapa pengarangnya.

Misalnya Andrea Hirata, apa ciri khas dari tulisan beliau? Beliau adalah penulis novel inspiratif yang cerdas, bertema keluarga dan anak – anak muda. Asma Nadia, penulis novel romantis, yang selalu mengangkat cerita cinta yang jujur dan sederhana. Atau Joko Anwar, Sutradara Film Horror yang selalu mengusut cerita yang bikin merinding dan orisinil dengan alur yang tidak mudah ditebak.

Yap! Intinya mereka punya ciri khas, mereka punya kelebihan yang tidak gampang orang lain menirunya. Seperti halnya Hollywood, yang pasti terlihat aneh jika mereka mengikuti ciri khas dari Bollywood. Toh, film – film mereka juga punya ciri khas yang keren.

Tetap menulis, lalu temukan apa ciri khas dari ceritamu!

Salam dariku untuk Anak Muda Indonesia.